Kabar Gembira, Tunjangan Insentif Guru Madrasah dalam Proses Pencairan

Keterangan: Dr. Muhammad Zain

Jakarta, siapmadrasah.my.id - Kabar kembira bagi guru madrasah di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Kementerian Agama (Kemenag) saat ini sedang memproses pencairan tunjangan insentif bagi guru madrasah bukan PNS.

Kemenag mengalokasikan anggaran tunjangan insentif guru madrasah yang masih berstatus non sertifikasi. Jumlahnya sekitar 210 ribu guru yang saat ini sedang diproses pencairan tunjangan insentif guru madrasah yang bukan PNS atau yang masih bersatus non sertifikasi.

“Masih terus berproses, utamanya terkait pembuatan rekening bank. Kami sudah alokasikan untuk sekitar 210 ribu guru madrasah,” ucap Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, M Zain di Jakarta, dikutip siapmadrasah.my.id dari halaman kemenag.go.id, Sabtu 17 September 2022.

Menurut M Zain, tunjangan insentif guru dirapel selama setahun. Tunjangan tersebut akan ditransfer ke rekening masing-masing guru.

“Surat perintah pembayaran dana sudah terbit, sehingga ketika semua rekening guru ini sudah siap, bank penyalur akan segera transfer insentif guru madrasah bukan PNS," kata M Zain.

Ia menyebutkan, insentif ini diberikan kepada guru bukan PNS pada Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Nilai insentif tersebut adakah sebesar Rp 250 ribu per bulan. Namun, insentif akan dipotong pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami akan rapel satu tahun dan diupayakan bisa cair paling lambat November 2022. Kami bersyukur kalau bisa lebih cepat dari itu. Itu yang sedang kami terus upayakan. Para penerima akan mendapat tiga juta rupiah dipotong pajak sesuai ketentuan,” paparnya.

Menurut Zain, insentif ini merupakan bentuk rekognisi negara kepada para guru yang telah berdedikasi dan mengabdikan hidupnya dalam mencerdaskan anak bangsa.

Dia berharap tunjangan ini bisa memotivasi guru madrasah bukan PNS untuk lebih berkinerja dalam meningkatkan mutu dan layanan pendidikan.

“Jasa mereka sangat besar dalam peningkatan kualitas proses belajar-mengajar dan prestasi peserta didik di madrasah pada semua level,” kata dia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama